Karimun Jawa

 

Karimun jawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang terdiri dari 27 pulau dan termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.


Berdasarkan legenda yang beredar di kepulauan, Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak "kremun-kremun" (kabur) dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak "kremun-kremun" maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun.


Sejak tanggal 15 Maret 2001, Karimunjawa ditetapkan oleh pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional. Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah Elang Laut Dada Putih, penyu sisik, dan penyu hijau. Tumbuhan yang menjadi ciri khas Taman Nasional Karimunjawa yaitu dewadaru (Crystocalyx macrophyla) yang terdapat pada hutan hujan dataran rendah.


Transportasi paling umum digunakan untuk ke Karimunjawa adalah kapal dari Semarang dan Jepara. Dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, kapal Kartini I (kapal cepat) dengan waktu tempuh 2-3 jam. Dari Pelabuhan Pantai Kartini Jepara terdapat beberapa pilihan kapal penyeberangan yaitu : KMP. Muria (Waktu tempum 6 jam), KMP. Siginjai (waktu tempuh 4 jam), kapal cepat Kartini 1 (waktu tempuh 2,5 jam), kapal Express Bahari (waktu tempuh 2 jam) dan kapal Express Cantika (waktu tempuh 2 jam). Jalur udara dapat ditempuh dari Bandara Ahmad Yani, Semarang menuju Bandar Udara Dewa Daru di Pulau Kemujan dengan pesawat sewa jenis CASA 212 yang disediakan oleh PT. Wisata Laut Nusa Permai (Kura-Kura Resort) waktu tempuh kurang lebih 30 menit.


Untuk mengelilingi pulau Karimunjawa, berbagai alat transportasi juga tersedia diantaranya ojeg, becak dan mobil dan apabila ingin mengelilingi kepulauan di Karimunjawa juga tersedia penyewaan perahu motor. Di Karimunjawa tersedia juga berbagai fasilitas penginapan mulai dari resort, hotel dan homestay. 
Ombak di Karimunjawa tergolong rendah dan jinak, dibatasi oleh pantai yang kebanyakan adalah pantai pasir putih halus. Beberapa aktifitas yang perlu untuk dicoba di Karimunjawa antara lain :

1. Hiking/Tracking : Kegiatan ini dapat dilakukan dibeberapa pulau Taman Nasional Karimunjawa Camping Ground di Legon Lele, hiking di jalur trail Bukit Bendera, bukit Tengkorak, Bukit Maming dan jalur darat mangrove di Terusan.
Sunbathing, Swimming dan Canoing : Untuk aktifitas ini dapat dilakukan di seblah utara pulau Karimunjawa, Pulau Menjangan Besar, Menjangan Kecil, Menyawakan, Kemujan, Parang, Kembar, Kumbang serta disebelah barat pulau Cemara Kecil.


2. Diving dan Snorkeling : Hampir seluruh gugusan pulau di kepulauan Karimunjawa dikelilingi terumbu karang hingga kedalaman 20 m dan memiliki berbagai macam biota laut. Daerah yang mendukung untuk aktifitas ini meliputi sebelah utara pulau Karimunjawa, Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil, Pulau Kemujan Parang, Pulau Krakal Kecil, Pulau Kembar dan Pulau Kembang.


3. Fishing : Kegiatan memancing dapat dilakukan diseluruh perairan Kepulauan Karimunjawa. Di perairan Karimunjawa terdapat ikan yang sangat banyak dan bervariasi, oleh karena itu Karimunjawa dijadikan sebagai tempat penyelenggaraanlomba memancing. Lomba tersebut telah diagendakan menjadi event tahunan yang diikuti oleh beberapa daerah.


4. Penangkaran Hiu dan Penyu : Penangkaran Hiu terdapat di Pulau Menjangan Besar dan disana juga menawarkan kesempatan untuk menguji adrenalin dengan berenang bersama ikan Hiu di dalam kolam penangkaran. Hiu disini cenderung tidak membahayakan manusia kecuali dipancing dengan makanan. Selain Hiu, di Pulau Menjangan Besar juga terdapat kolam penangkaran Penyu dengan puluhan anak penyu yang nantinya akan dilepas ke lautan bebas.

 

list PAKET OLAHRAGA AIR

list PAKET KELILING KOTA

list PAKET PAPASAN TREKKING TOUR

HUBUNGI KAMI BWSJEPARA ADMIN

bwsjepara@gmail.com

276B2771

+62 852 2636 7216

+62 8132 554 2301

Jl. Tirto Samudro No. 48, Rt. 12/04 Bandengan, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

Pantai Bandengan | Pantai Kartini | Pulau Panjang | Karimun Jawa |Desa Wisata Tempur | Kerajinan Seni Ukir dan Patung | Sentra Troso | Perang Obor | Papasan Trekking tour

Flag Counter